Kategori

640 Mahasiswa UNES Laksanakan KKN-PPM Di 26 Kelurahan

2KABAREKSPRES, PADANG – Universitas Eka Sakti (UNES) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tahun 2019 di tujuh Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat. Sebagai salah satu lokasi KKN-PPM, Kota Padang menerima peserta KKN-PPM UNES sebanyak 640 mahasiswa yang tersebar di 26 kelurahan di empat kecamatan, yaitu; Kecamatan Koto Tangah, Pauh, Lubuk Kilangan dan Padang Selatan.

Plt Asisten Pemerintah Kota Padang, Edi Hasymi, saat penerimaan dan pelepasan mahasiswa KKN-PPM UNES di pelataran parkir Balai Kota Padang, Air Pacah, Senin (29/7/2019), mengatakan, mahasiswa KKN-PPM diharapkan bisa membantu mengurai permasalahan di masyarakat untuk optimalisasi program unggulan Pemko Padang, yaitu penerapan kampung tematik.

“Masyarakat kelurahan masih sangat memerlukan motivasi dan pembinaan agar lebih berdaya saing dalam mengelola potensi wilayahnya. Peran aktif pemerintah dan komponen masyarakat, baik itu swasta, perguruan tinggi, dan LSM menjadi faktor strategis dalam mewujudkan hal tersebut”, ujar Edi.

Ia menambahkan, kegiatan KKN-PPM di 26 kelurahan di Kota Padang tidak selalu dalam bentuk kegiatan fisik ,tetapi yang terpenting menghidupkan kembali institusi sosia dan nilai-nilai sosial kemasyarakatan.

“Selain masyarakat sebagai tujuan pembangunan, masyarakat harus terlibat aktif dalam pembangunan itu sendiri”, imbuhnya lagi.

Sementara itu, Dekan FISIP UNES, DR. Sumartono yang juga hadir dikesempatan tersebut, mengatakan, pelaksanaan KKN-PPM tahun ini lebih difokuskan pada penciptaan inovasi-inovasi dalam pemberdayaan masyarakat dan berbagai program pembangunan pemerintah.

“Sebagaimana arahan Rektor UNES, mahasiswa KKN-PPM harus mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan melahirkan inovasi-inovasi dan bersinergi dengan program pemerintah, termasuk pemanfaatan teknologi informasi dalam pemberdayaan masyarakat”, ulas DR. Sumartono.

Ia juga mengatakan, KKN-PPM mahasiswa UNES dilaksanakan selama 40 hari terhitung 29 Juli hingga 7 September 2019. “Kita berharap, melalui KKN-PPM ini juga tercipta sinergi antara mahasiswa dan masyarakat dalam mensukseskan program-program pembangunan Pemko Padang”, imbuhnya lagi. []

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>