Kategori

Bikin SPJ Fiktif Anggaran Desa, Kades Wanajaya Ditahan Polres

1KABAREKSPRES, Subang-Aparat Satreskrim Polres Subang berhasil mengungkap kasus dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) dengan tersangka Kepala Desa (Kades) Wanajaya Kecamatan Tambakdahan, Skm.

Kapolres Subang AKBP Muhammad Joni didampingi Kasat Reskrim AKP Moch Ilyas Rustiandi dan Kasubbag Humas AKP Udi Sahudi, menuturkan, terungkapnya kasus dugaan korupsi dan penyalahgunaan wewenang atas anggaran desa itu bermula ketika Desa Wanajaya menerima anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sejak tahun 2013-2016 sebesar total Rp1,222 miliar.

Berdasarkan ketentuan, ADD tersebut harus dikelola oleh tim pelaksana kegiatan. Namun di Desa Wanajaya, semua anggaran ADD dikelola sendiri oleh Kades Wanajaya, Skm.

Sehingga terdapat pos-pos anggaran ADD yang tidak diserahkan atau tidak disalurkan sebagaimana yang termuat dalam SPJ (surat/laporan pertanggungjawaban).

Dalam pelaksanaannya, sambung Kapolres, penyidik kepolisian menemukan ada SPJ fiktif dan terdapat

pekerjaan fisik yang tidak dilaksanakan.

“Modus (korupsi dan penyalahgunaan wewenang) yang dilakukan oleh tersangka ini, dengan mengelola langsung anggaran ADD tahun 2013-2016 dengan cara melakukan pemotongan honor BOP penerima anggaran dan membuat SPJ fiktif. Juga ada kegiatan fisik yang tidak direalisasikan,” papar Kapolres saat ekspos pengungkapan kasus dugaan korupsi ADD Desa Wanajaya di Mapolres Subang, Senin (15/10). []

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>