Kategori

BPBD Mentawai Gelar Forum Group Discussion

151122020221134KABAREKSPRES, MENTAWAI — BPBD Mentawai gelar Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka penyampaian program Arbeiter Samariter Bund (ASB) Indonesia-Fhilipines. Dimana program ASB yang berakhir tahun 2019 lalu kini akan berlanjut selama 5 tahun kedepan. Pertemuan tersebut membahas program program ASB ke depannya dengan menitik beratkan pada pembentukan Desa tangguh bencana dengan program lainnya terkait kebencanaan.

“FGD ini untuk menyelaraskan program ASB dengan program Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, supaya nantinya tidak ada tumpang tindih terhadap ASB dalam menjalankan program kepada masyarakat,” ucap Kalaksa BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai Novriadi usai acara¬† FGD BPBD dengan ASB di ruang Aula Bupati, Rabu (12/2).

Disebutkannya, kegiatan ASB untuk Mentawai nantinya ada tiga program unggulan salah satunya Manajamen resiko bencana, bagaimana meningkatkan kemampauan kapasitas masyarakat menghadapi bencana, termasuk infrastruktur yang ada di desa supaya bisa tangguh seperti jalur evakuasi, rambu evakuasi, tempat evakuasi.

Dibagian pendidikan kebencanaan itu ada simulasi, sosialisasi dan pendidikan kebencanaan kepada masyarakat. Kemudian program inklusi bagaimana memberdayakan disabilitas penyandang cacat, tuna netra, tuna rungu itu bisa di libatkan dalam rangka pengurangan risiko bencana, karena mereka adalah kelompok paling rentan ketika terjadi bencana. Peningkatan sosial ekonomi di daerah rawan bencana, bagaimana ketika terjadi bencana masyarakat tangguh dari sisi penanganannya, dalam menanggulangi bencana.

“ASB sangat berperan aktif dalam melakukan edukasi kebencanaan, menghadapi bencana secara mandiri kepada masyarakat, Intinya peningkatan ekonomi di daerah rawan bencana itu tidak saja tangguh dalam kebencanaan, tapi tangguh di sisi ekonomi pangan ketika terjadi bencana,” ucap Novriadi. (wiwin)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>