Kategori

Bupati Agam Indra Catri Lepas 458 CJH Untuk Berangkat Haji Tahun 2018

4KABAREKSPRES, AGAM—Bupati Agam, Indra Catri  Dt Malako Nan Putiah, melepas secara resmi 458 Calon Jamaah Haji (CJH) daerah itu untuk melaksanakan ibadah haji 1439 hijriyah pada 2018, di Pusdiklat IPDN Baso, Kabupaten Agam, Minggu (15/07).

Pelepasan ini ditandai dengan penyerahan bendera kepada ketua kloter 3, penyerahan megaphone dan perangkat rombongan secara simbolis kepada ketua rombongan 1 mewakili seluruh rombongan.

Hadir saat itu, Kepala Kemenag Agam, Sekda Agam, Ketua IPHI Agam, Ketua MUI Agam, camat dan unsur lain.

Bupati Agam, Indra Catri merasa bangga dan bersyukur karena masyarakat Agam diberikan rezeki lebih, sehingga mereka mampu menunaikan ibadah haji. Bahkan, kuotanya sampai 17 tahun mendatang, ini membuktikan pendapatan masyarakat juga meningkat.

“Dengan banyaknya yang mendaftar, maka Nagari Madani yang selalu disyiarkan di tengah-tangah masyarakat bisa terwujud,” ujarnya.

Bupati berpesan kepada CJH agar menjaga kesehatan, meluruskan niat dan saling bermaafan dengan sesama, keluarga termasuk tetangga. Perbanyak ilmu tentang ibadah, kendalikan keinginan yang dapat mengganggu kekhusyukan ibadah.

Selanjutnya, jaga kebersihan dan ketertiban sebagai wujud dari orang yang beriman, bagi waktu dengan baik selama di tanah suci dan jadikan perjalanan ibadah ini bermanfaat bagi orang lain. Untuk meningkatkan kenyamanan CJH, tahun ini Pemkab Agam memfasilitasi dukungan berupa transportasi jamaah dan barang dari tempat keberangkatan hingga embarkasi pulang pergi. Tidak hanya itu, tahun ini Pemkab Agam juga mendampingi jemaah dengan satu orang pendamping ibadah haji.

Sementara itu Kepala Kementerian Agama, Kabupaten Agam, Edi Oktafiandi menyebutkan, jamaah haji  tahun ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2017, Kabupaten Agam memberangkatkan 432 orang jamaah haji, namun kali ini meningkat menjadi 458 orang, yang akan diberangkatkan dalam dua kloter, yaitu kloter 3 dan 4.

“Peningkatan ini terjadi karena ada penambahan kuota jamaah haji indonesia. Di mana, dari jumlah CJH, 25 persen berusia 60 tahun keatas, 42 orang sudah pernah naik haji dan 416 orang naik haji perdana,” ucap Edi Oktafiandi.

Disebutkannya, CJH masuk asrama di embarkasi Padang pada 18 Juli 2018, sedangkan 19 Juli 2018 pemberangkatan kloter 3 sebanyak 393 orang dan esoknya disusul kloter 4 sebanyak 65 orang, pemberangkatan dilakukan dengan Pesawat Garuda Boing 777-300ER.

“CJH Agam termuda kali ini yaitu Muhammad Inggan Surianto berumur 19 tahun dari Kecamatan Ampek Angkek, sedangkan yang tertua atas nama Samsinar berumur 82 tahun dari Kecamatan Tilatang Kamang,” terangnya.

Minat masyarakat Kabupaten Agam menunaikan rukun Islam ke lima ini sangat tinggi. Di mana, kuota calon jemaah haji yang sudah mendaftar 8.177 orang per 12 Juli 2018, dengan masa tunggu 17 tahun. (amc)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>