Kategori

Bupati Mentawai: Jika Ada Ibu Hamil yang Melakukan Persalinan Tanpa BPJS Harus Dilayani

1KABAREKSPRES, MENTAWAI – Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet beri arahan terhadap peserta Rapat Koordinasi Pelayanan Kesehatan di Aula Kantor Bupati Km 5 Sipora Tuapejat, Kamis (14/03/2019).

Salah satu arahan Bupati yakni masalah kematian ibu hamil yang selama ini menjadi angka kematian yang sering terjadi, ini harus angka nol, jika ada ibu hamil yang melakukan persalinan tanpa BPJS harus dilayani.

“Kematian ibu hamil harus diminimkan, untuk mengurangi angka itu pelayanan tenaga medis Puskesmas harus bekerja lebih baik,” sebut Yudas.

Dia mengatakan, pengurusan BPJS harus difasilitasi dengan baik, pengurusan pelayanan terhadap itu jangan dipersulit, masih banyak kasus penyakit masyarakat yang mestinya segera dilakukan pengobatan karena masyarakat tidak memiliki BPJS, tegasnya.

“Saya berharap staf ahli harus membantu pemerintah, kita daerah kepulauan yang butuh kebersamaan dalam memajukan pembangunan Mentawai kedepan, silakan turun lapangan untuk melihat apa yang terjadi kepada masyarakat,” ucapnya.

Dia menyebutkan dalam acara Rakor Pelayanan Kesehatan, pihak yang terkait harus meningkatkan harapan hidup bagi lansia, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial juga harus berpartisipasi terhadap lansia, silakan berbuat sesuai dengan program itu, ujarnya.

Dia juga mengharapkan pembangunan Air Sanitasi, harus merata dalam hal ini Dinas terkait harus melakukan pembangunannya segera, masih banyak Dusun yang belum ada banguanan Sanitasi, ini masalah serius, karena menyangkut kesehatan masyarakat.

“Selama ini bangunan MCK termasuk air Pamsimas yang sudah ada sebagian tidak berfungsi, ini yang kita sesali, kita berharap ada perbaikan kedepannya, bersama pemerintah serta instansi terkait, harus bergandengan tangan memperbaiki itu,” ujar Yudas.

“Saya berharap pegawai Puskesmas harus melayani setulus hati, pelayanan bagi masyarakat mentawai harus pakai hati dan penuh kesabaran,” sebutnya lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Lamuddin siregar mengatakan, salah satu target pihak Kesehatan termasuk Puskesmas yang ada harus menjalankan tugasnya kepada masyarakat.

“Target kita kematian bayi dapat berkurang, saat ini ada pengurangan angka tersebut turun, ini membuktikan petugas Puskesmas sedang menjalankan tugasnya dengan baik,” sebut Lamuddin.

Dia menambahkan, kasus Gizi buruk dan Imunisasi yang baik dan lancar, pihaknya menghimbau agar bersama sama menangani turun ke lapangan.

Imunisasi harus 100 persen dilakukan kepada masyarakat, petugas Puskesmas harus turun lapangan, jangan duduk di Puskesmas petugas harus aktif bergerak di lapangan melakukan tindakan kesehatan, ujarnya.

“Kita berharap Kepala Dinas yang terkait di dalamnya sama sama kita harus bekerja cepat, hapus semua masalah yang dihadapapi oleh masyarakat, saya mohon kita serius untuk mempercepat indeks pembangunan,” harap Lamuddin.(Tirman)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>