Kategori

Daya Tahan Tubuh, Stop Virus Corona

yohanes wempiOleh, Bagindo Yohanes Wempi

Sampai hari ini penyebaran virus corona masih masif terjadi, dari hari kehari peningkatkan jumlah penderita selalu terjadi. Begitu juga korban yang meninggal selalu bertambah. Untuk menghadapi keadaan ini Alhamdulillah Pemerintah Pusat dan Daerah sudah melakukan semi lock down, dan melakukan langkah kongkrit lainnya.

Secara regulasi Pemerintahan sudah menjalankan program pencegahan. Namun disamping masyarakat mengikuti anjuran Pemerintah tetap tinggal di rumah, mengatur jarak, dilarang berkumpul, masyarakat harus memyiapkan juga ketahanan atau memperkuat daya tahan tubuh agar tetap sehat, serta bisa terhindar dari serangan virus corona.

Salah satu langkah yang dilakukan warga agar daya tahan tubuh tetap kuat dan bisa mengantisipasi serang virus maka diperbanyak mengkonsumsi jus yang berasal dari bahan kunyit, jahe, temulawak, kayu manis, sereh dan ditambah madu.

Insyallah dengan jus dari rempah-rempah yang dijelaskan di atas bisa dikonsumsi rutin dengan setiap saat, maka daya tahan tubuh kuat dan serangan virus bisa terhambat secara maksimal.

Secara teori kesehatan guna bahan rempah jus di atas sangat bagus untuk tubuh, dapat diuraikan manfaatnya seperti dibawah ini ;

Kunyit
Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki warna kuning yang khas. Rempah satu ini memiliki manfaat sebagai bumbu dapur, bahan pewarna kuning alami juga bahan ramuan jamu.

Menurut Profesor Amir Soebandrio, Direktur Lembaga Biologi Molekuler Ejikman, kandungan kurkumin pada kunyit secara umum bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

“Karena ada beberapa kajian bahwa kurkumin punya efek misalnya menurunkan peradangan, ada yang menyebut efek antioksidan, yang berguna untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.”

Jahe
Jahe bisa Anda manfaatkan untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Senyawa gingerin pada jahe bisa untuk antiinflamasi atau radang flu, demikian juga beberapa antioksidan pada rempah untuk imunitas tubuh,” kata Profesor Dodik Briawan, ahli gizi masyarakat IPB.

Temulawak
Temulawak juga mengandung kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini. Konsumsi temulawak pun diyakini bisa menyehatkan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda tentu masih ingat resep jamu ala Presiden Jokowi. Resepnya sederhana, yaitu cukup merebus temulawak, kunyit dan jahe. Selain menjaga daya tahan tubuh, temulawak juga mampu melindungi organ hati.

Kayu Manis
Kayu manis mempunyai aroma yang khas, sehingga banyak dimanfaatkan sebagai campuran masakan maupun kudapan. Kayu manis banyak mengandung kalsium, serat, vitamin B6, magnesium, zat besi, vitamin A, karbohidrat dan vitamin C.

Kayu manis juga dikenal kaya akan antioksidan, antimikroba dan antiimflamasi sehingga rempah ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jenis rempah ini bisa dikonsumsi dalam bentuk serbuk sebagai campuran minuman atau makanan. Kayu manis utuh pun bisa dimanfaatkan sebagai campuran pada rebusan jamu.

Sereh
Daun sereh berkaitan dengan kesehatan. Daun yang kerap dijadikan pelengkap bumbu masakan ini mengandung vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.

Sereh bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidannya berperan melawan radikal bebas. Sereh memiliki beberapa jenis antioksidan seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin.

Dengan penjelasan manfaat dari rempah di atas maka saatnya meminta masyarakat mulai mengkonsumsinya secara rutin. Jika di rumah tidak ada tanaman tersebut, sekarang mulailah menanam dipekarangan rumah, buat langkah kongrit dengan menanam tanaman obat tersebut di pekarangan rumah.

Semua langkah untuk penanggulangan penyebaran virus ini perlu dilakukan, di samping patuh dan taat kepada kebijakan Pemerintah. Untuk diri masing warga harus juga diperkuat daya tahan tubuh agar terhindar dari serangan virus corona dan virus lainnya. [*].

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>