Kategori

Di Komplek Pemakaman Syekh Burhanuddin Ternyata Ada Makam Demang Belanda

1KABAREKSPRES, PADANG PARIAMAN – Peziarah ke makam SB (Syekh Burhanuddin) tidak hanya datang dari Sumbar saja, namun datang dari berbagai wilayah di Sumatera dan Jawa bahkan negara tetangga seperti Malaysia, demikian disebutkan Zaini tokoh masyarakat Nagari Ulakan yang juga penjaga makam SB pada Sabtu (4/05)

“Kalau sekarang ini dibulan Sa,ban seluruh jamaah Syatariah melakukan kegiatan berziarah di makam Syekh Burhanuddin,” ujarnya

Ia mengungkapkan, satu bulan sebelum ramadhan makam SB, sudah mulai diziarahi oleh jamaah syatariah dari berbagai daerah, tidak hanya dari Sumbar saja namun ada juga yang datang dari Jambi, Bengkulu, Palembang serta pulau Jawa dan negara tetangga Malaysia.

Zaini juga menuturkan, bahkan seminggu yang lewat ada juga warga negara Belanda yang datang kesana.

“Katanya melihat makam Demang Belanda yang memerintah di Padang Pariaman, ketika masih masa penjajahan kolonial dulu dan waktu meninggal tidak sempat dibawa ke negaranya, maka dikuburkanlah disini,” ulasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, kegiatan Jamaah biasanya berzikir selama satu jam kemudian, membaca alfatiah di dekat makam SB.

Lebih jauh, ia mengatakan puncak ramainya peziarah datang ke makam yakninya ketika melihat bulan, atau penentuan kapan puasa bisa di mulai oleh para imam Jamaah Syatariah.

“Jika melihat bulan mungkin hari Senin (6/05) diperkirakan ada sekitar 20.000 JS (Jamaah Syatariah) yang hadir. Kalau bulannya sudah terlihat, ke esokan harinya kita (Jamaah Syatariah) sudah mulai berpuasa, tapi kalau bulannya belum tampak, biasanya setengah puasa dan setengah lagi menunggu himbauan dari masing-masing imam,” tutupnya. (war)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>