Kategori

DPW APSI Sumbar “Gembleng” 20 Orang Peserta Jadi Advokat Syariah Berkualitas dan Berintegritas!

15KABAREKSPRES, PADANG—Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI) Sumbar bekerja sama dengan  Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Jurusan Hukum Keluarga melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) angkatan ke III  dari tanggal 7-28 Desember 2019. PPPA angkatan ke III ini  bertemakan  “Mewujudkan Calon Advokat Yang Berkualitas dan Berintegritas.”

“Kita berkomitmen untuk mensukseskan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat angkatan ke III ini sampai selesai,” ucap Ketua Dewan Pimpinan Cabang APSI kota Padang yang juga sekaligus sebagai Panitia pelakasana PPPA angkatan ke III, Elga Maidison, SH.I  kepada www.kabarekspres.com, Minggu (8/12) usai acara Pelatihan dan Pendidikan Advokat. 17

Disebutkannyam kegiatan ini digelar untuk  mencetak kaderisasi calon advokat yang handal dan bermatabat sehingga melahirkan calon-calon advokat yang berkualitas nantinya dalam penegakan hukum dan setelah dilantik mereka menjadi advokat yang mampu bersaing di dunia peradilan se Indonesia.

19“Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 orang peserta dengan materi pada hari pertama Pendidikan ini dengan pemateri Afriendi, S.HI, MH yang  memberikan pembekalan dan pemahaman tentang keorganisasian APSI dan kode etik advokat, agar semua calon advokat memahami keorganisasian advokat serta mematuhi kode etik advokat dalam mejalankan profesinya dan pada hari kedua nara sumbernya Azwar Siri, SH, MH, materi yang diberikan tentang penyelesaian sengketa hukum konsumen, kemudian materi selanjutnya oleh Desparika Metra, S.Ag, SHEL dengan materi tentang kewarisan tercakup di dalamnya masalah harta bersama, kemudian nara sumber berikutnya Rifka Juwandi, SH, MH dengan materi tentang penyelesaian perkara di PTUN,” tambah  Elga Maidison, SH.I.

Disebutkannya, kehadiran advokat APSI ini sangat membantu masyarakat untuk mencari keadilan di Sumbar khususnya, dan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia ini pada umumnya,  baik non litigasi maupun litigasi (dipengadilan) baik pengadilan agama maupun pengadilan umum. Karena peserta APSI mayoritas dari alumni hukum syariah serta ada alumni dari hukum umum, sehingga kedua alumni ini dapat bersatu padu dan bersinergi untuk saling berbagi keilmuan antar sesama anggota APSI,

“Adapun materi yang akan diberikan selain hukum acara umum juga akan diberi materi hukum acara agama yaitu terkait hukum acara di peradilan agama seperti penyelesaian sengketa ekonomi syariah, waris dan perkawinan, isbat nikah dll. Namun disamping itu pengacara apsi juga harus mampu keranah pengadilan umum baik perdata maupun pidana. Pendidikan ini banyak kepada pembahasan cara teknik penyeselaian kasus-kasus serta hukum acara, dan juga termasuk teknik mediasi serta advokasi,”tutur alumni Fakultas Syarian UIN Padang ini.

Disebutkannya, peserta juga diajarkan bagaimana cara membuat gugatan atau teknik lainnya,  berperan menjadi seorang advokat dalam mencari keadilan tentu banyak cara yang harus dipelajari maka pendidikan ini adalah awal karir dari para calon advokat dalam mmencapai profesi sebagai penegak hukum nantinya.  Di Sumbar,  sekarang sudah mulai mengarah ke berbasis syariah seperti bank nagari sudah menjadi bank syariah. Dan kedepan lawyer APSI ini hendaknya mampu memahami tentang beracara masalah sengketa ekonomi syariah,perkawinan,waris dll, dan ini menunjukan momen pengacara APSI untuk kedepannya.

“Kami sangat bangga kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan ini, Dan kami sebagai panitia akan berusaha sebaik mungkin dengan DPW APSI Sumbar untuk melahirkan serta menjadikan advokat yg berkualitas,“tambahnya. [MUSLIM ALRASYID)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>