Kategori

Empati Pejabat, Stop Penyebaran Virus Corona

78Oleh, Bagindo Yohanes Wempi

Benar atau tidak isu ini bahwa rencana seluruh anggota DPR yang berjumlah 575 orang ditambah anggota keluarganya akan menjalani tes covid-19 dalam waktu dekat yang dikutip dari kompas.com.

Namun hal ini menimbulkan polemik dikalangan masyarakat mau pun sesama anggota Dewan. Ada fraksi yang menolak ada yang setuju. Jika ini terjadi maka sebanyak 575 anggota DPR RI ditambah dengan anggota keluarganya, diperkirakan mencapai dua ribu orang, dalam waktu dekat ini akan menjalani tes covid-19.

Semoga rencana itu batal. Selaku pemerhati sosial sangat prihatin dengan rencana tersebut, usulan agar tes covid-19 dibatalkan, idealnya para pejabat tinggi berikan empati kepada masyarakat. Jika pun mau tes silahkan, lakukan tes mandiri tampa memakai fasilitas negara.

Mari para pejabat bercermin ke negara tetangga yang terkena musibah virus corona, mereka memberikan sikap empati dengan membantu melalui kebijakan dan bantuan materi/moril juga kepada rakyatnya.

Rasa empati para pejabat bisa ditiru dari nagara Korea Selatan dimana seluruh pejabat negara menyumbangkan gajinya untuk penangulangan penyebaran virus corona ini. Sedangkan di benua Eropa, Amerika, di sini pengusaha, artis, tokoh, aktivis sosial berbondong-bondong menyumbangkan dana dan fasilitas pribadi dipakai untuk pengobatan dan pencegahan virus corona ini.

Semua pejabat, artis, tokoh, pengusaha, aktivis sosial tersebut bersatu padu memberikan sikap empati dan berbondong menggalang kebersamaan untuk membebaskan negeri tercintanya, masyarakatnyan dari serangan virus corona ini.

Begitu juga dengan para pejabat setingkat daerah, mari sama-sama berikan juga sikap empati, pihak eksekutif dan legislatif lakukan rapat-rapat merumuskan kebijakan yang bisa merubah APBD, memberikan kebijaka positif agar masyarakat bebas dari penyebaran virus corona bisa terwujud.

Besar harapan agar kedepan tidak adalagi berita-berita, kebijakan yang sifatnya memberikan bentuk perbedan antara para pejabat dengan rakyatnya. Mari sama rasa, mari sama sepenanggungan, dan tumbuhkan rasa empati saling membantu.

Jika para pejabat gratis biaya tes covid-19 maka rakyatnya lebih gratis lagi. Jika perlu relawan medis datang ke rumah rakyat untuk melakukan tes. Jika anggota dewan libur tiga bulan maka warga pun diliburkan selama itu juga dengan jaminan UU karantina kesehatan, begitu seterusnya.

Saatnya para pejabat lihat tetangga dengan sekop kecil juga. Jika mereka ada kekurangan maka berikan bantuan. Sekarang hanya empati para pejabat diharapkan menolong masyarakat kecil yang miskin agar bisa terbebas belenggu dari krisis ekonomi, hilang pekerjaan, kelaparan karena tidak punya uang dan segalanya dari dampak virus Corona ini.

Mari para pejabat yang telah di amanahkan rakyat untuk mengurus negara, berikan kebijakan dan sikap empati pada rakyat, agar semua keluar dari coban ini [*].

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>