Kategori

Gatot Nurmantyo Bisa Imbangi Jokowi, Prabowo Lebih Baik Jadi King Maker!

3KABAREKSPRES, JAKARTA—Menatap pemilihan presiden (Pilpres)  2019 yang tak lama lagi.  Masing-masing partai saat ini sibuk melakukan aksi lobi-lobi  siapa yang akan ditunjuk sebagai capres maupun cawapres di Pilpres 2019 nanti.

Elektabilitas Gatot Nurmantyo sebagai sosok berlatar belakang militer ternyata mengungguli Prabowo Subianto sebagai capres dalam Pilpres 2019.

Praktis hal itu menjadi sinyal bahwa asumsi Prabowo sebagai King Maker dan memajukan Gatot sebagai capres dari Gerindra mengemuka.

“Dalam survei elit ini menunjukkan bahwa publik ingin melihat figur yang lebih muda. Ini artinya kemudian hal yang positif dimana publik ingin melihat bahwa sudah saatnya terjadi arus pergantian generasi,” kata peneliti dari The Iniative Institute, Airlangga Pribadi di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta, Minggu (15/7) dilansir rmol.co.

Survei dengan menggunakan metode purposive sampling pada 10-15 Juli 2018 itu menghadirkan para responden dari kalangan elit, jurnalis, ormas, NGO dan profesional di kota-kota besar di 6 provinsi.

Menurut Airlangga, regenerasi politik yang demikian mendapatkan tempat yang cukup signifikan di kota besar bahwa elit elit lama sudah saatnya kemudian istirahat, tidak tampil tapi justru elit-elit yang baru.

“Ada Pak Gatot yang justru mengimbangi Jokowi dibandingkan Prabowo. Jadi ada kecenderungan Prabowo lebih baik demikian (sebagai King Maker),” pungkasnya.

Dalam survei tersebut Jokowi memperoleh angka 77,8 persen, Gatot 63,8 persen dan Prabowo hanya 61,5 persen. [wid]

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>