Kategori

H. Jayanis Terpilih Sebagai Ketua IKAPS Periode 2019-2022

3PADANG PARIAMAN, Sungai Limau— Para perantau dan warga di kampung yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Sungai Limau (IKAPS) menggelar acara Mubes ke-3 dalam rangka pisah sambut pengurus periode 2016-2019, Senin (10/6) di Pasar Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman.

Acara Mubes ke-3 pada acara moment halal bil halal dan silaturrahmi para alumni Pelajar yang ada di Sungai Limau tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE.MM serta dihadiri oleh stakeholder yang ada di daerah tersebut seperti tokoh masyarakat, alim ulama, Camat, Walinagari se Kecamatan Sungai Limau, Kapolres dan Dandim 0308.2

Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya mengatakan acara ini merupakan hal yang sangat luar biasa dilakukan dimana dalam rangka untuk keberlangsungan tonggak estafet kepemimpinan dan program kedepan IKAPS.

“Bayangkan para alumni pelajar se Kec. Sungai Limau bisa dirangkul untuk jadi satu kesatuan yang siap untuk memajukan daerah, apalagi telah banyak keberhasilan program-program yang telah dilakukan oleh pengurus selama ini, seperti program beasiswa, tahfid al-qur’an, membantu masyarakat yang sakit dan lainnya,” terang Wabup Padang Pariaman Suhatri Bur.

Disebutkannya, kontribusi para alumni IKAPS harus berbanding lurus dengan prestasi anak didik yang ada di daerah ini. Kalau bisa untuk kedepannya anak-anak SD yang ada di Sungai Limau ini bisa mendapatkan tingkat 5 besar Provinsi Sumbar, juga untuk SMP kalau bisa dapat tingkat 3 besar pada tahun 2020.

“Pada saat para alumni telah berkumpul, sekolah yang ada di daerah ini telah terakreditasi baik, maka jangan sampai berbanding terbalik dengan prestasi anak-anak sebab ini sangat perlu dilihat,” tambah Wabup Suhatri Bur yang akrab disapa aciak ini.

Pengaruh kemajuan teknologi saat ini sangat perlu diantisipasi oleh semua pihak, sebut Suhatri Bur, seperti pengaruh handphone, video game dan lainnya, akibat perilaku anak-anak tersebut berani melawan orang tua. Oleh sebab itu, semua ini tidak hanya tugas serta tanggungjawab orang tua dan guru saja akan tetapi semua pihak harus berperan serta dalam masalah ini.

“Dengan adanya berbagai program yang telah berhasil dijalankan oleh pengurus IKAPS sebelum ini semoga dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, apalagi dengan adanya program baru yakni Usaha Dagang Alumni (UDA) merupakan modal dasar bagi organisasi ini untuk lebih maju lagi kedepannya,” tutur mantan Ketua KPU Padang Pariaman ini.

Sementara itu Ketua Umum IKAPS periode 2016-2019 Nusirwan SE mengatakan organisasi IKAPS ini sangat perlu dikembangkan dan dilanjutkan terus kedepannya. Mesti ada pengkaderan atau kaderisasi Oleh sebab itulah pada moment saat ini akan dilaksanakan pemilihan pengurus IKAPS periode 2019-2022.

“Berbagai program telah banyak kita lakukan selama ini, alhamdulillah semua berjalan baik dan dapat dukungan dari semua pihak. Misalnya, program bantuan beasiswa buat para pelajar, bantuan biaya pengobatan masyarakat yang sakit, tahfid al qur’an dan lainnya,” tambahnya.

Disebutkannya, sebuah organisasi harus punya modal usaha untuk menggerakannya, oleh sebab itu dibuatlah program Usaha Dagang Alumni (UDA), alhamdulillah telah terkumpul dana sebanyak Rp80 juta, target yang akan dicapai Rp.100 juta.

Hal senada juga dikatakan Dewan Penasehat IKAPS Yobana Samial, SH bahwa IKAPS telah banyak berbuat di tengah-tengah masyarakat, namun kendalanya butuh dana untuk merealisasikan program-program itu kedepannya.

“Misalnya kita butuh modal untuk menggerakan itu semuanya,” tambah Yobana Samial, SH yang digadang-gadang akan maju mencalonkan diri jadi Bupati Padang Pariaman pada Pilkada 2020 nanti.

Disebutkannya, di Korong Bintungan telah dilakukan berbagai program keagamaan. Oleh sebab itu perlu kiranya dilaksanakan program subuh berjamaah, seluruh masjid perlu di data di Sungai Limau ini, juga buat projek kembali ke surau.
H. Jayanis Terpilih Sebagai Ketua IKAPS Periode 2019-2022

Pada acara Mubes ke-3 IKAPS di Pasar Sungai Limau tersebut terpilih sebagai Ketuanya yakni H. Jayanis yang merupakan perantau yang tinggal di Jakarta ini. Beliau terpilih secara aklamasi oleh para alumni yang hadir pada acara tersebut.

Pada acara Mubes tersebut acara sidang dipimpin oleh Amir Azli, Bukhari, dan Andri Siwanto. Pada awalnya calon kandidat Ketua sebanyak 3 orang yakni H. Jayanis, Dwi Warman dan Erwin. Namun kedua calon tersebut mengundurkan diri.

Dalam kata sambutannya Ketua IKAPS yang baru H. Jayanis mengatakan akan tetap melanjutkan semua program yang telah ada di IKAPS ini. Dan akan membuat program-program yang baru kedepannya yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sebelum ini beasiswa buat para pelajar yang berprestasi, nanti kedepannya kita beri juga buat beasiswa anak-anak yang kurang mampu, juga program UDA akan tetap dilanjutkan sebab ini sangat penting sekali,” tambah H.Jayanis.

Disebutkannya, dalam 6 bulan kedepan akan diusahakan bagaimana legalitas dari organisasi IKAPS ini rampung, sebab ini penting sekali sebab menyangkut hukum. Juga akan dibuat koperasi baik berupa CV atau PT.

“Iya harapan kepada semua pihak dapat membantu serta menyokong kepengurusan yang baru ini, sehingga organisasi IKAPS ini bisa maju dan berkembang,” tutup H. Jayanis. (MUSLIM)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>