Kategori

H. Suherman, ST. TRD Caleg DPR RI Terpanggil Untuk Berkiprah Buat Kemajuan Masyarakat Sumbar

2KABAREKSPRES, SUMBAR——Banyak motivasi yang melatarbelakangi seseorang maju sebagai calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2019 ini. Ada yang menjadi Caleg DPR RI, Caleg DPRD Kab/Kota, DPD RI. Salah satunya adalah motivasi karena caleg yang bersangkutan merasa terpanggil untuk mengabdi dan memajukan daerah asal kelahirannya.

Motivasi tersebut ternyata juga dimiliki oleh H. Suherman, ST Tuanku Rajo Disambah (TRD) yang merupakan Caleg DPR RI dari Partai PKB dengan Nomor Urut 2 dari untuk Dapil 1 sumbar yaitu Kepulauan Mentawai, Pesisir Selatan, Kota Padang, Kota Solok, Solok, Solok Selatan, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, Padang Panjang, Tanah Datar.

“Saya jatuhkan pilihan untuk ikut jadi caleg DPR RI pada pemilu 2019 ini kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), saya pilih Dapil 1 Sumbar, karena saya ingin sekali untuk membesarkan PKB di Sumatera Barat, PKB harus bangkit dan berjaya di Sumbar, disamping itu juga saya ingin membangun daerah ini ke arah yang lebih baik lagi melalui pengalaman-pengalaman yang telah saya dapati selama ini,” ucap Tokoh muda Sumatera Barat yang berasal dari Luak Tanah Datar, H. Suherman ST TRD kepada media ini.

Disebutkannya, dengan adanya kita duduk sebagai anggota legislatif maka peluang untuk meraih “kue-kue” pembangunan yang ada di pusat bisa digaet untuk di bawa ke daerah Sumbar ini. Saya lebih dekat dengan sako ibu, saya lebih memilih Ranah Minang, ketimbang harus mencalon di daerah asal ayah saya trah keturunan Kanjeng Pangeran Haryo (KPH),selama ini banyak teman, sahabat, masyarakat maupun lainnya meminta saya agar mau mengabdi membangun kampung halaman, juga turut berpartisipasi memajukan daerah Sumbar melalui jalur legislatif. Bahkan permintaan ini juga kerap disampaikan oleh beberapa tokoh masyarakat baik di daerah maupun di rantau.

“Saya tentunya berterima kasih dan sangat menghargai dorongan serta dukungan semua itu. Saya pun menyambutnya sebagai amanah yang harus diperjuangkan demi kemajuan daerah ini,” tutur putra Almh. Puti Rosliana Binti Ilyas asal Taratak Kampung Dalam Bendang Tangah, Jorong Silabuk, Nagari Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar.

Disebutkannya, saya maju sebagai caleg DPR RI ini untuk pertama kalinya di wilayah Sumatera Barat, namun dalam hal ini saya bukanlah sosok baru di dunia politik. Saya sudah berkecimpung di dunia politik selama 10 tahun, namun selama ini lebih banyak berada di belakang ‘layar’ dan mensupport untuk membesarkan partai. Usia saya yang tergolong muda untuk ukuran legeslatif di Senayan, tidak menjadi tolak ukur, sebab saya punya perusahaan sebagai Direktur Utama telah memberikan banyak bukti melalui kerja-kerja nyata membangun Sumatera Barat terkhusus Kabupaten Tanah Datar.

“Setiap saya berkunjung ke daerah-daerah support serta respon yang diberikan masyarakat sangat besar sekali, bahkan mereka sangat antusias sekali hadir pada saat saya ke sana, seolah-olah nampak tersirat dari raut wajah mereka tersebut harapan yang besar ada seorang pimpinan yang benar-benar mau memikirkan mereka, mau memperjuangkan aspirasi mereka, ” ungkap H. Suherman, ST Tuanku Rajo Disambah (TRD) yang merupakan pengusaha muda sukses ini.

Support dan dukungan terhadap diri saya hingga saat ini terus mengalir baik dari kalangan keluarga, partai, kerabat, hingga rekanan bisnis dan masyarakat. Dengan dorongan kuat tersebut harapan apa yang kita wujudkan bersama terwujud dengan menjadi salah satu pemenang dalam kontestasi Pemilu Legislatif untuk RI 2019 mendatang.

“Sumbar memiliki sumber daya alam berupa batubara, batu besi, batu galena, timah hitam, seng, mangan, emas, batu kapur (semen), kelapa sawit, kakao, gambir dan hasil perikanan begitu juga dari segi pariwisata, pendidikan, dan pertanian. Perairan pantai barat dan Kepulauan Mentawai memiliki banyak kehidupan laut yang memiliki nilai ekonomi tinggi belum lagi jika kita berbicara kelebihan daerah lainnya, semua potensi itu mesti dikelola dan didukung dengan program-program pembangunan yang menyentuh langsung kebutuhan rakyat,” ujarnya.

Semua itu harus dikelola dengan baik untuk peningkatan perekonomian masyarakat, juga melalui program dan dukungan anggaran yang bisa memastikan terwujudnya kedaulatan pangan dan kesejahteraan rakyat. Sementara pembangunan dunia pendidikan mesti diarahkan kepada terwujudnya perluasan akses pendidikan yang bermutu, solutif dalam menghadapi tantangan jaman, dan kesejahteraan guru.

Terkait sumber daya manusia, lanjutnya diperlukan upaya konkrit agar sumber daya ini memiliki keahlian khusus (skill), mandiri, dan mampu menciptakan peluang kerja.Begitu juga potensi pariwisata harus digarap dan dikelolal dengan, dengan daerah bisa mendatangkan jutaan wisatawan setiap tahunnya maka ini sangat menyumbang pendapatan daerah. Bahkan bisa juga menggeliatkan perekonomian masyarakat.

“Jika persoalan sumber daya manusia ini ditangani serius, hal ini tentu akan berdampak positif bagi kesejahteraan dan pengurangan angka kemiskinan. Pada akhirnya ini juga akan menekan angka kriminalitas di daerah ini, dan juga program penguatan masyarakat adat. Kaum penganut tharekat dan ahlusunnah wal jamaah di daerah ini juga harus diperkuat kembali, sehingga nilai-nilai Islam yang berdasarkan mazhab ahlusunnah wal jamaah kembali tegak di daerah ini,” tutup caleg DPR RI PKB Dapil 1 Sumbar dengan Nomor urut 2 ini. [MUSLIM]

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>