Kategori

Hasil Polling PSI, Mahfud MD Raih Suara Tertinggi Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

3KABAREKSPRES, JAKARTA—-Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merilis hasil polling online alternative Cawapres Jokowi di Pilpres 2019. Polling tersebut dilakukan pada 11 April – 22 Mei 2018 di website PSI.

Dari hasil polling tersebut Mahfud MD menjadi Cawpares terkuat Jokowi yang dipilih netizen. Polling tersebut diikuti 71.106 peserta di 23 wilayah Indonesia.

“Siapakah cawapres yang paling banyak didukung oleh peserta polling. 32 persen atau tertinggi itu mendukung kepada Pak Mahfud MD, sementara di urutan kedua, ketiga ada Bu Sri Mulyani, kemudian ada Pak Luhut dan seterusnya, Bu Susi dan Pak Moeldoko. Hasil Polling ini menunjukkan ternyata menang preferensi masyarakat lebih suka jika Pak Mahfud menjadi cawapres Pak Jokowi untuk periode kedua,” kata Ketua Umum PSI Grace Natali, Minggu (15/7) dilansir politiktoday.com.

Grace mengatakan rata-rata peserta polling berumur 25-34 tahun. Grace menilai kebanyakan milenial memilih Mahfud karena sosok yang original dimata milenial.

“Jadi kebanyakan milenial generasi X. Setidaknya dari ini rasanya mengkonfirmasi juga bahwa anak-anak muda pun melihat Pak Mahfud ini tidak resisten bahkan mereka banyak yng memberikan suaranya setuju dengan Pak Mahfud MD. Buat kami memang ini titik temu yang baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai Mahfud mampu mengatasi isu politik identitas yang selama ini melekat pada Jokowi.

“Kalau Mahfud MD saya pikir dia bukan dari orang partai, tetapi dia adalah tokoh yang bisa mengatasi berbagai isu yang mengangkat politik identitas yang tidak produktif. Karena menurut saya dia adalah tokoh nasional, kita tokoh santri yang demokratis, dan memmunyai intelektual yang sangat bagus dan pluralisme,” terangnya.[]

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>