Kategori

Invasi Turki ke Suriah Dikritik, Erdogan Hina Habis-habisan Presiden Prancis

22KABAREKSPRES, ISTANBUL – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tidak segan-segan menanggapi pengkritiknya dengan serangan personal. Dia bahkan tidak ragu menghina kepala negara lain yang berani mengkritik kebijakan pemerintah Turki.

Itulah yang dilakukan Erdogan kepada Presiden Prancis Emannuel Marcon yang mengecam invasi militer Turki di Suriah. Pemimpin partai AK itu menghina kecerdasan Macron dan merendahkan kemampuannya sebagai pemimpin.

Sebelumnya, Macron mengatakan bahwa Turki tidak pantas mengharapkan dukungan NATO bagi operasi militer mereka di Suriah utara. Menurut Macron, tindakan Turki tersebut membahayakan operasi pemberantasan ISIS di Suriah.

“Lihat lah Macron, saya berbicara kepada Anda dari Turki, tapi saya akan mengatakan ini lagi di NATO. Pertama, periksa otak mati Anda. Pernyataan semacam itu hanya mungkin diucapkan orang mati otak seperti Anda,” kata Erdogan menaggapi kritik tersebut di Istanbul, Jumat (29/11).

Erdogan pun meremehkan kemampuan Macron menangani terorisme. Menurut politikus 65 tahun itu, Macron adalah anak kemarin sore yang tidak pernah berperang melawan terorisme.

Karena lemahnya Macron, lanjut Erdogan, demonstran Rompi Kuning bisa bebas melakukan aksi anarkistis mereka di Prancis. “Anda tahu cara pamer, tetapi tidak bisa membayar (iuran) NATO dengan layak. Anda itu pemula,” ucap Erdogan mengenai presiden 41 tahun tersebut.

Erdogan menutup pernyataannya dengan menegaskan bahwa operasi militer di Suriah akan terus berlansung sampai Turki merasa wilayah tersebut bersih dari teroris. (Aljazeera/ant/dil/jpnn)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>