Kategori

Kampus Universitas Widyatama Bandung “Cetak” Para Admin dan Humas Website Nagari se Padang Pariaman

OKE2OKE1Bandung, KabarEkspres________Wakil Rektor II Bidang Operasional  Universitas Widyatama (UTama) Bandung Dr. H Nuryaman, SE M.SI AK, CA memberikan apresiasi yang tinggi atas telah dilaksanakannya Pelatihan Admin Website Nagari Se-Kab. Padang Pariaman  dengan tema Pelatihan Manajemen dan Tata Kelola Website Nagari se Kabupaten Padang Pariaman dan Pencanangan Nagari Cyber di Universitas Widyatama Bandung, 19-22 Agustus 2016.

“Iya kita dari pihak kampus Universitas Widyatama (UTama) Bandung sangat apresiasi sekali acara tersebut,” sebut Wakil Rektor II Bidang Operasional  Universitas Widyatama (UTama) Bandung Dr. H Nuryaman, SE M.SI AK, CA  kepada media ini beberapa waktu yang lalu.

Dia sebutkan, website nagari itu sangat berguna sekali untuk menginformasikan semua potensi yang ada di nagari tersebut. Juga, website nagari dapat memberikan apa saja informasi terkini tentang nagari tersebut buat para perantau di daerah tersebut, umumnya seluruh masyarakat dunia dapat mengakses website tersebut.

“Sinergitas antara satu lembaga/instansi dengan lainnya untuk bekerjasama dalam pembuatan website ini sangat baik sekali untuk terus dikembangkan. Sehingga tercipta jalinan hubungan kerjasama yang erat dan baik, antara satu daerah dengan daerah lainnya,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Public Relations & Marketing Universitas Widyatama Universitas Widyatama (UTama) Bandung yang juga sebagai Panitia acara   dari kampus UTama tersebut yakni Fitrah Rumaisa, S.T., M.Kom  mengatakan dengan adanya acara pelatihan tersebut pihak kampus/yayasan  Universitas Widyatama (UTama) Bandung merasa bangga dan tersanjung atas kunjungan dari para Walinagari dan para staf Nagari yang ikut acara pelatihan website ini.

“Rektor Universitas Widyatama (UTama) Bandung merasa senang dan bangga sekali atas acara pelatihan website  nagari tersebut, apalagi kampus kami ini dikunjungi oleh para Walinagari dan para staf Walinagari yang jauh -jauh datang dari Padang Pariaman untuk belajar di kampus ini,” tambahnya.

Dia sebutkan, dalam waktu dekat Bupati Padang Pariaman akan mengundang  Rektor Universitas Widyatama (UTama) Bandung  berkunjung ke Padang Pariaman untuk menindaklanjuti MoU pelatihan website nagari ini. Dalam acara MoU ini banyak hal yang akan dibicarakan.

“Tidak hanya masalah pelatihan website nagari saja, akan tetapi pembicaraan akan lebih luas, termasuk nantinya dibicarakan masalah bagaimana pelajar dari Padang Pariaman bisa belajar di kampus  Universitas Widyatama (UTama) Bandung ini, bisa juga nantinya jadi Dosen di kampus ini, dan pelajar atau mahasiswa di sini belajar di Padang Pariaman.Banyak hal lainnya yang akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut,” terangnya.

Pada acara pelatihan website nagari itu banyak hal positif yang dapat diambil, sebutnya, seperti terjalin hubungan antara para dosen dan mahasiswa di Universitas Widyatama (UTama) Bandung dengan Walinagari dan staf se Padang Pariaman.

“Itu makanya, pada acara  Pelatihan Admin Website Nagari Se-Kab. Padang Pariaman kemarin ini, kita dari kampus mengambil Apri Junaidi, M. Kom., MCS  merupakan dosen  berasal dari Sumatera Barat yang mengajar  di sini untuk dijadikan sebagai panitianya.  Tujuannya, agar nantinya jika ada  masalah dalam bahasa, lalu bisa langsung terjemahkan. Sebab kadang-kadang bahasa antara daerah satu dengan lainnya itu tidak sama, tapi di sini jugalah keunikan dan ke asyikannya,” tambahnya.

Sementara itu ketika media ini mewawancarai Walinagari Pakandangan Drs Nasyaruddin tentang masalah acara Pelatihan Admin Website Nagari Se-Kab. Padang Pariaman di Bandung kemarin, Ia menyebutkan sangat apresiasi dan mendukung penuh program ini. Sebab, dampaknya sangat baik dan bagus sekali buat kemajuan Nagari dan daerah Kabupaten Padang Pariaman.

“Sehebat dan sebagus apapun program dari sebuah nagari dalam mensejahterakan masyarakatnya, namun  tidak diekspos ke media, maka semua keberhasilan bisa dikatakan belum berhasil, sebab bagaimana orang bisa tahu daerah tersebut maju dan berkembang pesat. Bagaimana para perantau  yang ada di daerah tersebut akan mengetahui  bahwa daerah tersebut maju dan berkembang, jika tidak diekspos melalui media massa,” terang  Drs Nasyaruddin.

Dia sebutkan nagari Pakandangan saat ini mempunyai tiga buah media untuk mengekspos seluruh program, kegiatan, dan acara-acara yang dilakukan oleh Nagari dan para stafnya. Media tersebut misalnya ada Buletin Nagari Pakandangan, Tabloid Nagari Pakandangan, dan Website Nagari Pakandangan.

“Buletin ini terbit tiap minggu dimana kontens isinya tentang mutiara hikmah dimana mengupas tentang masalah-masalah ke kinian yang ada di tengah-tengah masyarakat. Penyeberan khusus untuk Korong-korong yang ada di Nagari tersebut. Sedangkan Tabloid Nagari Pakandangan ini terbit sekali sebulan, dimana kontens nya berisi acara-acara Walinagari Pakandangan dan staf lainnya. Pendistribusiannya untuk Nagari dan masyarakat perantauan,” tambahnya.

Hal senada juga dikatakan peserta Pelatihan Admin Website Nagari Se-Kab. Padang Pariaman Mega Suriani (Nagari Toboh Gadang), Ikram Dasrul (Nagari Pakandangan), dan Dewi Ratna (Nagari Batu Kalang), mereka sangat tertarik dan senang dengan adanya acara tersebut.

“Banyak hak yang kami dapati dari pelatihan website nagari ini. Disamping kami tahu bagaimana memasukan berita, membuat berita, fotoshof dan ilmu-ilmu lainnya dalam dunia IT ini, kami juga bisa tahu bagaimana keadaan kampus yang ada di Bandung,” tambah mereka.

Mereka sebutkan, setibanya di kampus Universitas Widyatama (UTama) Bandung ini sangat tercengang, sebab suasana kampus UTama ini sangat adem, bagus, letak tata ruang bangunanya yang unik, apalagi kampusnya bersih tidak ada nampak mahasiswanya yang merokok di kampus tersebut.

“Bayangkan dari sekian ribuan mahasiswa di sana, aturan merokok dan menjaga kebersihan kampus memang betul-betul diterapkan oleh mahasiswanya, kita bangga sekali dan jika perlu semua kampus yang ada harusnya seperti ini,” ucap mereka.

Sementara itu Kepala Bagian Pengelolaan Data Elektronik (PDE), Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Rudy R Rilis menyatakan website nagari ini sangat penting sekali bagi kemajuan  nagari itu sendiri. Setidaknya dengan adanya website itu masyarakat luas dapat mengetahui apa-apa saja potensi dan kemajuan nagari tersebut.

“Website ini sangat penting sekali buat menginformasikan program kerja yang ada di nagari. Harapan program ini tetap berlanjut, semua para Walinagari dapat memahami dan mengikuti program ini, ” sebut Rudy R Rilis.  (muslim alrasyid)

Comments ( 3 )

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>