Kategori

Kementan uji varietas padi putiah Padang Pariaman Anai untuk ditanam secara nasional

2KABAREKSPRES, PDG PARIAMAN—Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian RI melakukan penilaian terhadap varietas padi putih Padang Pariaman Anai (Papanai) asal Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat untuk mengetahui apakah layak didistribusikan dan ditanam secara nasional.

“Varietas ini merupakan hasil pengembangan Dinas Pertanian Padang Pariaman dan menjadi tanaman pangan unggulan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Padang PariamanYurisman Yakub di Parit Malintang, Kamis.

Ia menyatakan pengujian dilaksanakan di Bogor mulai dari Rabu (26/6) hingga Jumat (28/6), jika dinyatakan lulus maka tanaman pangan jenis ini akan ditanam di seluruh wilayah Indonesia.

Pihaknya meyakini varietas ini layak didistribusikan ke seluruh Indonesia, karena memiliki sejumlah keunggulan.

Keunggulan padi putih Papanaiyaitu tahan terhadap hama wereng batang coklat, penyakit blas, produksi yang tinggi dengan rata-rata 7,28 ton per hektare, lebih putih, dan rasanya enak.

Ia menyampaikan saat ini padi tersebut baru dikembangkan di tiga kecamatan di Padang Pariaman yaitu Lubuk Alung, Kampung Dalam, dan Sungai Limau.

“Sekitar 40 persen dari produksi kami jadikan benih agar bisa dikembangkan ke daerah lain, sedangkan sisanya dikonsumsi masyarakat,” katanya.

Ia menyebtukannama padi varietas Papanai tersebut berasal dari nama daerah di Padang Pariaman dan nama bendungan Anai sebagai penyuplai 25 persen air untuk pertanian di daerah itu.

Varietas tersebut merupakan pemurnian dari padi cisokan putih dan telah mendapatkan sertifikat dari Kementan pada Februari 2019.

Ia mengungkapkan hadirnya padi putiah papanai tersebut karena sejumlah jenis padi lainnya yaitu IR 42 dan Batang Piaman sudah banyak terserang oleh wereng coklat.

Sebelumnya lima varietas lokal asal Kabupaten Padang Pariaman telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Pertanian yang dapat dimanfaatkan petani untuk meningkatkan perekonomian.

“Pengakuan tersebut untuk menyatakan bahwa varietas itu hanya ada di Padang Pariaman,”katanya.

Lima varietas lokal tersebut yaitu padi putiah Papanai, durian talantam Kayu Tanam, durian Kunyik Patamuan, jambu biji piraweh Ampalu, dan pinang wangi. (*)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>