Kategori

Kepala Dinkes Mentawai Lahmudin Siregar Upayakan Pencegahan Penyakit Kaki Gajah Secara Bertahap

3KABAREKSPRES, MENTAWAI— Tim Kesehatan Gabungan Kepulauan Mentawai melakukan pengambilan sampel darah penyakit kaki gajah  di 48 sekolah dasar (SD)  yang ada di Kepulauan Mentawai.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmudin Siregar mengatakan kali ini pengambilan sampel dilakukan pada siswa sekolah dasar (SD)  kelas satu dan dua. Sebanyak 1932 orang di setiap sekolah yang berada di Mentawai.

“Dari semua siswa yang diambil sampel tersebut, tim kesehatan gabungan menemukan enam orang yang positif tertular virus mikro pilariared berbentuk darah,” terang Kepala Dinkes  Kepulauan Mentawai Lahmudin Siregar kepada www.kabarekspres.com kemarin.

Disebutkannya, namun meskipun demikian pihaknya akan mengupayakan pencegahan secara bertahap. Tentu akan membutuhkan waktu yang lama dengan memberikan obat, sehingga darah dengan sendirinya akan mati.

“Untuk memastikan darah tersebut sudah tidak adalagi, maka dua kali setahun   tim akan kembali melakukan Pengecekan terhadap enam orang tersebut. Hal itu dilakukan secara mendetail dan continue.

Tim gabungan kesehatan tersebut diantaranya Kementrian Kesehatan  (Kemenkes) Medan, Sumatera Utara, Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Batam dan terakhir Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat secara serentak.Smentara itu pengambilan sampel dilaksanakan mulai dari 24 April hingga 5 Mei. (Johan)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>