Kategori

Kodim 0306/50 Kota Dampingi Petani Cara Bercocok Tanam Padi

Sarilamak, KabarEkspres___ Komando Distrik Militer (Kodim) 0306/50 Kota memberikan pendampingan terhadap petani setempat terkait cara bercocok tanam padi, sehingga dapat mewujudkan swasembada pangan.

“Kami bersama Dinas Pertanian akan memberikan pendampingan, dengan mamanfaatkan babinsa yang ada di masing-masing kecamatan serta penyuluh pertanian,” kata Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf Heri Sumitro saat tanam padi perdana pada sawah baru di Nagari (desa adat) Lubuak Alai Kecamatan Kapur IX, Senin.

Ia menambahkan, pihaknya bukan hanya melakukan percetakan sawah baru, tapi juga akan memberikan pendampingan, sebab selama ini masyarakat Nagari Lubuak Alai khususnya belum pernah bercocok tanam padi. Untuk itu, pihaknya bersama dinas pertanian akan memberikan bimbingan terhadap masyarakat ataupun kelompok tani terkait cara bercocok tanam. Ia menambahkan, program ketahanan pangan wajib sukses tersebut sesuai dengan perintah Presiden RI dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Tugas TNI bukan hanya berperang dan antisipasi konflik nyata, tetapi juga menguatkan bidang pangan, sebab musuh bukan hanya menyerang dengan senjata, tetapi juga melemahkan ketahanan pangan serta berusaha meruntuhkan bidang perekonomian nasional,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengatakan, atas nama pemerintah daerah ia mengapresiasi Kodim 0306/50 Kota yang telah memprakarsai untuk mencetak sawah baru tersebut. Tentunya, jajaran pemerintah kabupaten bersama masyarakat dapat mewujudkan keinginann untuk membuat sawah ini, dimana harapan itu sudah lama didambakan,” ujar dia.

Ia menyebutkan, ke depannya perlu pertumbuhan, yang mana pertumbuhan tersebut bukan hanya dari segi tanaman, tetapi peningkatan kemauan masyarakat ataupun kelompok dalam mengembangkan sektor pertanian seperti yang dilaksanakan oleh TNI. Pihaknya, berharap dengan adanya penambahan luas lahan pertanian tersebut berbanding lurus dengan peningkatan produksi nantinya. (mardikola)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>