Kategori

KPU Padang Pariaman “Pacah Talua” Sambut PKS Paling Awal Mendaftar Bacaleg

2KABAREKSPRES, PDG PARIAMAN—Hampir di seluruh daerah memasuki 10 hari pendaftaran calon legislatif (bacaleg) DPRD  yang ada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum ada satpun partai yang mendaftar.

Ketua KPU Padang Pariaman, Zulnaldi mengatakan Ini terjadi di seluruh RI,  baik karena faktor teknis internal parpol maupun faktor lain.  Namun di daerah Padang Pariaman  termasuk cepat ada partai yang mendaftar.

“Sabtu kemarin  PKS Padangpariaman menjadi parpol pertama mengajukan bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Padangpariaman ke KPU Padangpariaman pukul 11.47 WIB,” ucap Zulnaldi kepada kabarekspres.com saat dihubungi, Minggu (15/7).

Disebutkannya, KPU Padang Pariaman setiap hari terus membangun komunikasi dengan parpol terutama memastikan parpol tidak ada kendala dalam pengurusan dokumen. Parpol diminta jangan mendaftar di hari terakhir.

4“Sebab hal tersebut berisiko terhadap parpol itu sendiri, ada potensi parpol itu gagal disalahsatu dapil jika syarat pencalonannya kurang dan tidak lengkap,  sementara waktu semakin dekat dimana pada  17 Juli nanti adalah terakhir pendaftaran dan tak ada perpanjangan pendaftaran lagi,” terang Zulnaldi.

Disebutkannya, pendaftaran PKS Padang Pariaman kemarin rombongan dipimpin ketua DPD PKS Padang Pariaman, Risdianto dan sejumlah fungsionaris parpol, dan diterima langsung  komisioner KPU Padangpariaman.

“Saya didampingi Kordiv teknis KPU Padang Pariaman Ori Sativa Saban,  berkas pencalonan bacaleg yang diajukan DPD PKS Padang Pariaman memenuhi syarat (MS),” tambahnya.

Disebutkannya, selanjutnya KPU Padang Pariaman akan memeriksa kelengkapan dan keabsahan dokumen dengan mesinkronkan data manual bacaleg dengan data yang ada pada Sistim Pencalonan (SILON). Hasilnya sinkronisasi data tersebut, akan disampaikan ke masing-masing parpol pada 19 hingga 21 Juli 2018 mendatang.

Setelah dilakukan verifikasi terhadap syarat pencalonan berupa dokumen formulir model B yang terdiri dari Formulir B1, B2 dan B3.  Syarat calon setelah dilakukan verifikasi masih terdapat kekurangan dan perlu dilakukan perbaikan. DPD PKS Padang Pariaman mengajukan bacaleg sebanyak 100 persen atau 40 orang bacaleg, mengisi 4 daerah pemilihan yang tersebar di Padang Pariaman.

“KPU Padangpariaman berharap agar parpol tidak serentak mengajukan bacaleg pada hari akhir untuk menghindari penumpukan saat pengajuan bacaleg,” harapnya.

Sementara itu ketua DPD PKS Padang Pariaman, Risdianto bersyukur dengan telah diterimanya berkas bacaleg PKS yang memenuhi syarat.

“PKS Padang Pariaman resmi mendaftarkan Bacaleg DPRD Padang Pariaman berjumlah 40 orang tersebar di 4 Dapil ke KPU padang Pariaman,” ucap Risdianto didampingi Sekretaris DPD PKS Padang Pariaman Tosri Amri .

Disebutkannya, waktu pendaftaran itu kami diterima langsung oleh Ketua KPU, komisioner dan seluruh jajaran KPU Padang Pariaman, disaksikan Panwaslu Padang Pariaman.

“Dari info KPU, PKS Tercatat sebagai Partai Pertama yang mendaftar di KPU Padang Pariaman, terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang turut mendukung suksesnya tugas ini, teruntuk KPU, PANWASLU, Parpol kontestan Pemilu 2019, BACALEG, KADER, STRUKTUR DPD, DPC, DPRA, simpatisan, Tokoh masyarakat yang tidak bisa disebutkan, semoga Pemilu 2019 lancar dan Anggota Dewan yang terpilih betul-betul punya keinginan kuat untuk memperbaiki Padang Pariaman ke depan,” harap Risdianto. [MUSLIM  ALRASYID]

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>