Kategori

Lahmuddin Siregar Himbau Masyarakat Mentawai Tingkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

lahmuddin-kadis-FhotoKABAREKSPRES, MENTAWAI–Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Mentawai untuk memerangi masalah demam berdarah (dengue)  yang menjadi masalah saat ini  adalah melakukan sosialisasi hidup bersih bagi masyarakat.

“Kita mengajak warga untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat kapanpun dan dimanapun dimana tujuannya untuk memperkecil penyebaran DBD,” terang Lahmuddin Siregar, Rabu (19/2).

Disebutkannya, melakukan kegiatan bersih-bersih pekarangan dan lingkungan tempat tinggal  seperti Goro bersama juga dapat dilakukan untuk membasmi  nyamuk Aedes Aegepty bersarang di tempat tersebut.

“Pembersihan sanitasi  tempat tinggal, serta  menguras bak mandi serta membersihkan tumpukan  barang  rongsokan yang berantakan di sekitar rumah, sebab hal tersebut menjadi peluang baginya untuk bertelur dan berkembangbiak,” tambahnya.

Dengan meningkatkan gerakan masyarakat dengan hidup sehat (Germas) dan mengikuti tujuh pesan Sikerei sebagai salah satu cara untuk memperkuat benteng ketahanan tubuh manusia sambungnya .

“Fogging yang dilakukan selama ini bukanlah  solusi yang tepat dalam memberantas secara keseluruhan, akan tetapi lebih memperkuat ketahanan tubuh, sebab terbiasa. Kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat sehigga dampak penularan DBD bisa menurun,” tutup Lahmuddin. [wiwin]

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>