Kategori

Pemko Padang Panjang Pastikan Peran Kaum Perempuan Sejajar Dengan Lelaki

1KABAREKSPRES, PDG PANJANG—-Pemerintah Kota Padang Panjang memastikan peran dan partisipasi kaum perempuan sejajar dengan kaum pria. Dalam sektor Pemerintahan misalnya, sepanjang yang bersangkutan dirasa mampu serta tidak menyampingkan kewajiban dan kodratnya sebagai ibu rumah tangga, maka amanah atau jabatan tersebut tetap dipercayakan pada perempuan.

Hal itu dikemukakan Walikota Padang Panjang yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rio Afdaneli pada acara Sosialisasi Pengarusutamaan Gender dan Pelatihan PPRG di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang, di Hotel Aulia, selasa (29/1).

“Tidak ada persyaratan lebih atau khusus yang harus dipenuhi perempuan untuk menduduki jabatan tertentu,” katanya.

Kaum perempuan berhak menjadi Ketua RT, pekerja sosial masyarakat, karang taruna, tagana, Satpol PP, Pemadam Kebakaran maupun petugas keamanan lainnya.

Program Pengarustamaan Gender dalam Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang diterapkan melalui kebijakan dan pengalaman yang memperhatikan aspirasi kebutuhan serta pengalaman perempuan dan laki laki kedalam perencanaan, implementasi dan evaluasi, sehingga akan dipereloh hasil, apakah PUG dan penganggaran yang responsif gender tersebut sudah mencapai hasil yang diinginkan, temasuk keaktifan dan prestasi kaum perempuan dalam pemerintah, politik, ekonomi, sosial kemasyarakatan dan pembangunan.[]

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>