Kategori

Raih Akreditasi Terbaik, RSUD Lubuk Sikaping Berpredikat Paripurna Bintang Lima

4KABAREKSPRES, PASAMAN—— Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman, berhasil meraih hasil terbaik dalam akreditasi. Akreditasi rumah sakit merupakan standarisasi dalam upaya peningkatan mutu pelayanan rumah sakit yang dilakukan oleh lembaga independen yang ditunjuk Kementerian Kesehatan RI.

Dalam Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) ini, RSUD Lubuk Sikaping, berhasil meraih predikat paripurna bintang lima, dari puluhan penerima Piagam Sertifikat se Indonesia RSUD Lubuk Sikaping merupakan satu-satunya yang berasal dari Sumatera Barat.

Piagam sertifikat akreditasi itu, diserahkan langsung oleh ketua Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Dr. dr. Sutoto, M.Kes kepada Kepala RSUD Lubuk Sikaping dr. Yong Marzuhaili, di Jakarta, Rabu (23/1/2019).

“Alhamdulillah, dalam proses akreditasi yang dilakukan oleh Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS), RSUD Lubuk Sikaping berhasil mendapatkan predikat tertinggi, yakni “paripurna bintang lima,” kata Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis. SH. M.Si pada saat apel gabungan pada senin (28/01/2019) di pelataran Kantor Bupati Pasaman dihadap peserta apel gabungan itu.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Sikaping Yong Marzuhaili juga menyampaikan, “Pencapaian lulus paripurna bintang lima yang merupakan peringkat tertinggi adalah hasil kerja keras dari seluruh karyawan dengan dukungan manajemen yang ada di rumah sakit dan dukungan penuh dari Pemkab Pasaman. Selain itu, juga peran serta masyarakat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman. “Mereka memberikan andil yang besar dalam pencapaian paripurna ini,” katanya.

Untuk mendapatkan kelulusan paripurna dalam akreditasi rumah sakit ini, bukan hal yang gampang. Karena rumah sakit harus memenuhi standar yang ditetapkan oleh KARS.

Ada empat kelompok standar pelayanan itu, standar pelayanan berfokus pada pasien dengan 436 elemen, standar pelayanan manajemen rumah sakit dengan 569 elemen, sasaran keselamatan pasien 24 elemen, dan sasaran millennium development goals dengan 19 elemen yang harus dipenuhi. “Total ada 1.048 elemen penilaian yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Tetap Berbenah

Meski pelayanan kesehatan di RSUD Lubuk Sikaping sudah mendapat pengakuan dari KARS secara paripurna, tapi pihaknya akan terus melakukan pembenahan di RSUD Lubuk Sikaping untuk memberikan layanan prima kepada segenap masyarakat di Kabupaten Pasaman.

“RSUD Lubuk Sikaping ini merupakan salah satu sentral pelayanan publik. Makanya kita tidak puas begitu saja. Masih banyak jalan dan perjuangan yang kami lakukan demi membesarkan RSUD dalam melayani masyarakat Pasaman. Salah satunya pengembangan gedung dan fasilitas kesehatan lainnya,” kata dr. Yong.

Saat ini kata dr. Yong, sudah banyak inovasi yang di kembangkan di RSUD Lubuk Sikaping.
“Salah satunya program situasi cepat aman nyaman tepat waktu inovatif dan kekeluargaan alias Si CANTIK. Melalui program ini, kami mengutamakan kebutuhan pasien untuk terpenuhi secepat mungkin. Begitu juga kebutuhan petunjuk atau informasi yang diperlukan keluarga pasien dan pengunjung,” ungkap dr. Yong.

Bahkan, momen ini harus dianggap sebagai tonggak untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat guna memberikan kepuasan. “Bagi kita predikat paripurna ini bukan akhir dari peningkatan layanan, kita akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” pungkasnya. []

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>