Padang Pariaman

Sidang Gugatan Praperadilan PT Expo Indomas Perkasa Berlanjut di PN Pariaman

Berbagi itu Indah

Padang Pariaman, KabarEkspres___Sidang gugatan praperadilan PT Expo Indomas Perkasa dengan pemohon Polres Padangpariaman atas penetapan Dirut PT Expo Indomas Perkasa, H Bakrie Abdullah sebagai tersangka dan melakukan penyitaan alat berat dan truk atas penambangan ilegal tahun 2014 silam, Senin (22/2) sore kemarin berlanjut di PN Pariaman.

Sidang gugatan praperadilan dengan agenda mendengarkan keterangan saksi pihak termohon, yaitu Polres Padangpariaman dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim, Dedi Kuswara. Polres Padangpariaman sebagai termohon menghadirkan dua orang saksi, Ipda Andri Lubis dan Aiptu Yanto Haryanto. Sedangkan Polres Padangpariaman diwakili Kabin Bidang Hukum Polda Sumbar, AKBP Sugeng Haryadi dan Kasat Reskrim Polres Padangpariaman, AKP Riko Yumasri, SIK.

Sebelumnya, pada hari Selasa tanggal 16 Januari 2016 telah dilaksanakan sidang pra peradilan dengan agenda mendengarkan keterangan pemohon,  sebelumnya.

Saksi yang dihadirkan pihak Polres Padangpariaman, Aiptu Yanto Haryanto mengatakan penetapan tersangka H Bakrie Abdullah telah melalui penyelidikan dan proses gelar perkara.

Namun, di luar arena sidang, datang dukungan untuk pihak kepolisian Polres Padangpariaman dalam gugatan praperadilan itu. Delapan orang perwakilan Aliansi Masyarakat Menolak Perusak Lingkungan Piaman Laweh (AMUAK PL). Dalam orasinya, AMUAK mendukung Polres Padangpariaman untuk memenangkan sidang gugatan praperadilan itu.

Mirheza Adek, Perwakilan AMUAK meminta hakim untuk memutus hukuman berat perusak lingkungan dan pengusaha tambang ilegal di Kecamatan Lubuk Alung dengan tidak memenangkan pengusaha yang melakukan gugatan pra peradilan di pengadilan.

Baca Juga:  Jubir Fraksi Amanat Pembangunan DPRD Padang Pariaman Minta Bupati Ali Mukhni tak Pilih Kepala SKPD Penjilat

“Meminta pemerintah untuk menghentikan aktivitas tambang ilegal di Kecamatan Lubuk Alung,” ujarnya.

Rencananya, sidang gugatan praperadilan akan dilanjutkan Rabu (24/2) dengan agenda putusan hakim atas perkara. (mllk)

Reaksi Anda:

Loading spinner

Berbagi itu Indah

Comment here