Kategori

Surya Budhi, SH Mantan Pejabat di Sumbar Sukses Laksanakan SISKEUDES

Kampar, KabarEkspres______Pengelolaan Keuangan Desa berbasis IT sangat berguna sekali bagi masyarakat umum. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kampar, Surya Budhi SH  mengucapkan apresiasi khusus diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Kampar dan Pemerintah Desa se Kabupaten Kampar oleh BPKP  terhadap pelaksanaan sistem pelaporan keuangan dibuat oleh desa dengan memakai sistim ini, dan daerah ini yang terbaik.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada Tim Aplikasi SISKEUDES Kabupaten Kampar dan seluruh Pemerintah Desa se Kabupaten Kampar yang telah bekerja keras tanpa mengenal lelah dalam menerapkan aplikasi SISKEUDES ini,” terang Surya Budhi  yang punya motto: Dimana bumi dipijak, di sana langit dijunjung, dimana pun berada  harus membuat prestasi di daerah tersebut.

Mantan Staf Ahli Gubernur Sumbar Bidang Kemasyarakatan ini menyebutkan  Kabupaten Kampar komit dalam  melaksanakan pembinaan dan pengawasan terkait penggunaan dana desa sesuai rencana dan anggaran yang ada. Acara pengelolaan keuangan ini bekerjasama antara BPKP dan Kementerian Dalam Negeri. Dan  telah diselenggarakan dan uji cobanya melalui 4 (empat) Kabupaten di Provinsi Riau yakni Kabupaten Pelalawan, Bengkalis, Meranti dan Kampar sendiri.

Di Kabupaten Kampar, sebagai Kepala BPMPD Kampar, Surya Budhi, SH sukses membangun desa-desa di Kampar. Mantan Calon Wakil Walikota Padang Tahun 2014-2019 yang berpasangan dengan H. Asnawi Bahar ini selalu turun ke desa – desa di Kampar untuk kemajuan melihat langsung pembangunan di desa dan memberikan arahan kepada Kades dan Aparatur desa tentang manajemen pemerintahan desa, sistem pelaporan dan hasil kongrit pembangunan desa.

“untuk itu kita melaksanakan pelatihan bagi 242 desa yang nantinya dibagi du tahap yang intinya setelah mereka dilatih, terkadang mereka lupa, untuk itu kita langsung mengimplementasikan dengan membentuk Tim Asistensi sehingga mereka dapat belajar dan memperdalam lagi dan ternyata mereka hampir setiap hari datang untuk berkoordinasi dan belajar menyusun pelaporan keuangan desa baik itu perencanaan maupun implementasi penggunaan anggaran desanya,”jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa Kabupaten Kampar sangat mendukung sepenuhnya visi misi Presiden Jokowi yang terjabar dalam Nawacita, karena presiden ingin membangun Indonesia mulai dari desa. Yang tadinya desa menjadi objek pembangunan, sekarang desa merupakan subjek dimana desa tersebut harus bisa membangun dan mendukung pembangunan nasional.

“Saat ini hampir 95 persen desa di Kabupaten Kampar mempergunakan aplikasi ini dalam pelaporan keuangan, karena kita ingin sistem pelaporan desa-desa  sesuai dengan perencanaan yang ada, sehingga pembangunan desa secara implementasi dapat berjalan dengan baik,”tegasnya

Dia tambahkan, pembangunan desa melalui perguliran dana yang sudah memasuki tahun ke-3 ini manfaatnya sudah mulai bisa dirasakan  masyarakat.

“ Alhamdulillah BPKP selalu siap dalam mendampingi pengelolaan dana desa di Kabupaten Kampar, sebab Kabupaten Kampar sangat serius dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan dan menerapkan sistem pelaporan keuangan berbasis IT ini dan mudah-mudahan dapat mewujudkan apa yang kita ingin bersama ” ujarnya.

Sementara itu  Admin SIKEUDES BPMPD Kabupaten Kampar Refrizal Hendra, ST terlihat di kantor BPMPD Kampar, setiap hari melayani untuk meningkatkan kemampuan aparatur atau Bendahara Desa dengan memberikan bimbingan yang sungguh-sungguh kepada Bendahara Desa tentang SISKEUDES.
“Hal ini merupakan tugas kami dari BPMPD untuk selalu meningkatkan kemampuan SDM Bandahara Desa dalam aplikasi SIKEUDES sesuai arahan Kapala BPMPD dan Bupati Kampar, sehingga Kabupaten Kampar tidak saja terbaik di Riau, tapi juga bisa terbaik secara nasional,”tambahnya.

Hal senada juga dikatakan BPKP Perwakilan Provinsi Riau melalui Rustam, Korwas JFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah dalam menyampaikan materi pada Acara Diklat Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) di Hotel Pangeran Pekanbaru bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar adalah salah satu yang mempunyai komitmen menerapkan Aplikasi pengelolaan desa pada Pemerintahan Desa di Kabupaten Kampar.

Hal ini terbukti pada Tahun 2016 ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) seluruh Desa di Kabupaten Kampar telah disusun oleh Pemerintah desa melalui Aplikasi SISKEUDES.

“Kami berikan Apresiasi Khusus kepada Pemerintah Derah Kabupaten Kampar dan Pemerintah Desa se Kabupaten Kampar yang telah berkomitmen menggunakan Aplikasi SISKEUDES dalam menyusun APBDES Tahun 2016 dan berharap agar penggunaan Aplikasi ini dilanjutkan pada tahap penatausahaan keuangan desa dan berbagai jenis laporan yang dibutuhkan stakeholder dapat dihasilkan dari aplikasi siskeudes dengan akurat dan tepat waktu,”.harapnya. (muslim Alrasyid)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>