Kategori

Tingkatkan Perekonomian, Pemko Pariaman Mesti Serius Garap Sektor Pariwisata!

1KABAREKSPRES, PARIAMAN—-Untuk meningkatkan pertumbuhan  perekonomian di Kota Pariaman maka salah satu  jawabannya adalah bagaimana Pemko Pariaman dapat menggarap sektor pariwisata  ini dengan baik. Sebab, hanya sektor  pariwisata inilah yang bisa diandalkan kota Pariaman yang terkenal dengan ‘Pariwisata Tabuiknya’  untuk mengangkat taraf kehidupan masyarakat kepada yang lebih baik lagi.

“Kota Pariaman tidak banyak memiliki sumberdaya alam yang memadai, satu-satunya yang dapat menggenjot  PAD  Kota Pariaman adalah sektor pariwisata, dengan maju dan berkembang pesatnya sektor pariwisata  ini maka akan meningkatkan perekonomian  masyarakat setempat,” ucap calon anggota DPRD Sumbar Dapil Sumbar II (Kota Pariaman dan Padang Pariaman)  Abdul Rahim, SH, LLM kepada media ini, Minggu (30/12) di Pariaman.

Disebutkannya, bayangkan setiap kali ivent-ivent besar yang digelar oleh Pemko Pariaman sebelum ini  maka perputaran duit saat itu bisa mencapai miliaran rupiah sehari. Kota Pariaman memiliki kelebihan dari daerah lain dalam peningkatan kunjungan pariwisata yaitu adanya Kereta Api, begitu juga akses jalan bagus dari dan menuju bandara via Ulakan. tak ada daerah lain di Sumatera Barat yang kawasan wisatanya dilalui transportasi kereta api.

Yang perlu diawasi bersama-sama agar pengunjung merasa nyaman dan terlindungi serta senang mengunjungi daerah ini maka pelaku dan berbagai pihak yang terkait dalam hal pariwisata ini maka para pedagang, juru parkir, dan penginapan jangan mengenakan tarif seenaknya yang mengakibatkan buruk citra dari kota Pariaman.

“Sebagai Kota yang mengandalkan pariwisata, perlu dijaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, baik transportasi ke pulau maupun ketertiban parkir, termasuk harga,” jelas Abdul Rahim yang pernah mengenyam pendidikan di Universitas Kebangsaan malaysia (UKM) ini.

Juga disebutkannya  Kota Pariaman harus memiliki master plan pengembangan pariwisata, terutama di sepanjang pantai. Namun hal ini belum tergarap dengan maksimal, akibat  belum adanya master plann.

“Hal tersebut di atas sangat  sekali karena masterplan bisa menjadi peluang bagi Kota Pariaman untuk mendapatkan dukungan pembiayaan dari APBN, APBD maupun dari invenstor, jika hanya mengharapkan dari dana APBD saja maka sangat sulit rasanya”, terang Abdul rahim.

Disebutkannya, Master plan tersebut harus terprogram dengan penataan ruang dan bangunannya.  Termasuk yang berkenaan dengan penanggulangan bencana alam, belajar dari kejadian tsunami selat Sunda. Pemko harus mengatur pendirian bangunan di kawasan pinggir pantai. Sehingga Pemko Pariaman sudah memiliki perencanaan terhadap pengembangan pariwisata kawasan pantainya. Master plan tersebut juga berguna bagi investor, di kawasan pantai mana mereka bisa berinvestasi di Kota Pariaman.  (muslim alrasyid)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>