Kategori

Tjahjo Kumolo Klaim Gubernur Sumatera Barat dari PKS Dukung Jokowi

33KABAREKSPRES, JAKARTA—–Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengklaim Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi). Padahal Irwan diketahui sebagai politikus asal PKS.

“Gubernur Sumbar segala yang dari PKS kami nggak lihat partainya, dia akui bahwa pembangunan yang dicanangkan oleh Pak Jokowi yang Indonesia-centris ini ada manfaatnya,” kata Tjahjo di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7) dikutif dari laman detik.com.

Klaim Tjahjo ini disampaikan ketika membicarakan soal dukungan Gubernur NTB TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) kepada Jokowi. Menurut Tjahjo, hal itu wajar saja dilakukan TGB.

“Sah-sah saja. Semua kepala daerah jangan lihat dia partainya mana pasti akan mendukung pemerintah pusat karena ada sinergi pembangunan di daerah,” sebut Tjahjo Kumolo yang menjabat sebagai Mendagri RI dari 27 Oktober 2014 pada Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo ini.

Tjahjo  yang merupakan mantan anggota DPR RI  periode 2009–2014 dari Partai PDI-P dengan wilayah pemilihan Jawa Tengah I  ini menilai tak ada yang perlu dipersoalkan terkait dukungan dari kepala daerah kepada presiden. Selain itu, dia tak melihat ada masalah apabila sang kepala daerah punya pilihan politik berbeda dengan partai pengusung.

“Ya boleh-boleh saja dong, walaupun partainya punya opsi lain. Tapi sebagai kepala daerah, dia punya tanggung jawab ini aspirasi masyarakatnya. Jadi kepala daerah itu membawa aspirasi masyarakat yang dia pimpin, termasuk dia juga punya tanggung jawab terhadap parpol yang dia mendukung,” tutur Tjahjo  yang pernah menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI ini.

Sebelumnya, TGB menyatakan mendukung kepemimpinan Jokowi berlanjut hingga periode kedua. TGB menilai pemerintahan Jokowi perlu dilanjutkan hingga periode kedua. Padahal, diketahui, Partai Demokrat tempat TGB bernaung belum menyatakan sikap untuk Pilpres 2019.

Berdasarkan pengalamannya di NTB, gubernur yang sedang menjalani periode kedua kepemimpinannya ini juga menilai 2 periode dibutuhkan.

“Jadi keputusan apa pun itu harus mempertimbangkan kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat. Keseluruhan dari 3 hal ini menurut saya, pantas dan fair kalau kita beri kesempatan kepada Bapak Presiden Jokowi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang selama 4 tahun ini beliau mulai,” kata TGB, Rabu (4/7). (tsa/dhn)

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>