Kategori

Yohanes Wempi: Peran Mahasiswa IMAPPAR Sangat Penting Sosialisasikan Buruknya Perilaku Money Politik!

oke35KABAREKSPRES, PADANG—–Peran mahasiswa di tengah-tengah masyarakat sangat penting sekali, sebagai seorang mahasiswa tidak hanya sibuk berkutat dengan rutinitas perkuliahan dan buku serta makalah saja, mahasiswa yang ideal itu juga mempunyai berbagai aktifitas di luar kampus sehingga pola pikirnya luas dan kelak pada saat menamatkan perkuliahan bisa langsung terjun ke tengah-tengah masyarakat.

“Kita melihat pada saat ini mahasiswa belum memanfaatkan perannya di tengah-tengah masyarakat, padahal dengan prediketnya sebagai mahasiswa tersebut bisa melakukan  apa saja kegiatan serta program demi untuk kebaikan mahasiswa tersebut kedepannya,” ucap Bagindo Yohanes Wempi mantan Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Andalas (Unand) Padang ini kepada www.kabarekspres.com, Rabu, (11/12) saat berdiskusi dengan beberapa orang mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Padang Pariaman (IMAPPAR) UNP di Padang.

Disebutkannya, namun realitanya sekarang ini mahasiswa tidak memanfaatkan peluang-peluang tersebut, misalnya pada saat sekarang ini ada moment Pilkada Tahun 2020 dimana di berbagai media sosial telah banyak mengapung berbagai nama yang maju mencalonkan diri jadi Bupati Padang Pariaman, seharusnya IMAPPAR mengambil kesempatan ini dengan melakukan berbagai kegiatan seperti membuat semacam ivent-ivent diskusi atau seminar, membuat ajang-ajang yang sifatnya mengundang dimana prosesnya dari awal sampai nantinya ke proses pelantikan Bupati tersebut. Kumpulkan tokoh-tokoh yang muncul mencalonkan diri jadi Bupati Padang Pariaman itu untuk saling tukar pikiran, dan memberikan ide, bisa dalam bentuk seminar dan diskusi. Rata-rata mahasiswa punya sarana dan fasilitas misalnya gedung ada, ruangan ada, dan di kampusnya punya pakar ilmu di berbagai bidang bisa untuk dimanfaatkan.

“Mahasiswa sangat ideal melakukan aksi, melakukan program-program dan kegiatan apalagi yang namanya organisasi IMAPPAR, IMAPPAR di Padang Pariaman barometer kesolidan mahasiswa, kesolidan gerakan dan pengabdian mahasiswa, jadi pada momentum menghadapi Pilkada 2020 ini IMAPPAR harus mengambil peluang,  apalagi IMAPPAR Universitas Negeri Padang (UNP) rata-rata basicnya pendidikan dan keilmuan, ini sangat dibutuhkan di Padang Pariaman saat ini,” tambah Yohanes Wempi yang merupakan tokoh muda Padang Pariaman yang juga merupakan seorang pengusaha Tambang Bara ini.

Disebutkannya, mahasiswa dapat dikatakan sebuah komunitas unik yang berada di masyarakat, dengan kesempatan dan kelebihan yang dimilikinya, mahasiswa mampu berada sedikit di atas masyarakat. Berdasarkan berbagai potensi dan kesempatan yang dimiliki oleh mahasiswa, tidak sepantasnyalah bila mahasiswa hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap daerah. Mahasiswa itu sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar, bukan pula rakyat, bukan pula pemerintah. Mahasiswa memiliki tempat tersendiri di lingkungan masyarakat, namun bukan berarti memisahkan diri dari masyarakat. Peran mahasiswa itu  adalah:

1. Agent Of Change (Generasi Perubahan)
Mahasiswa sebagai agen dari suatu perubahan. Artinya jika ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya. Dengan harapan bahwa suatu hari mahasiswa dapat menggunakan disiplin ilmunya dalam membantu pembangunan daerah untuk menjadi lebih baik kedepannya.

2. Social Control (Generasi Pengontrol)
Sebagai generasi pengontrol seorang mahasiswa diharapkan mampu mengendalikan keadaan sosial yang ada di lingkungan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dan memiliki kepekaan dengan lingkungan. Mahasiswa diupayakan agar mampu mengkritik, memberi saran dan memberi solusi jika keadaan sosial sudah tidak sesuai dengan cita-cita, memiliki kepekaan, kepedulian, dan kontribusi nyata terhadap masyarakat sekitar tentang kondisi yang teraktual.

3. Moral Force (Gerakan Moral)
Mahasiswa sebagai penjaga stabilitas lingkungan masyarakat, diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang menyimpang dari norma yang ada, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan. Mahasiswa sendiripun harus punya moral yang baik agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan juga harus bisa merubah ke arah yang lebih baik,  baik melalui kritik secara diplomatis ataupun aksi.

“Dengan hadirnya mahasiswa di tengah-tengah masyarakat dalam ikut serta berperan aktif dalam melakukan perubahan-perubahan yang ada di tengah-tegah masyarakat, maka setidaknya mahasiswa telah melaksanakan peran kontrol sosialnya demi untuk kemajuan daerah,kemudian mahasiswa IMAPPAR meminta masukan kepada saya apa yang harus dilakukan  dalam menghadapi Pikada Padang Pariaman Tahun 2020 ini, peran mahasiswa IMAPPAR bisa bergerak mensosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat untuk mengkikis habis perilaku money poitik (pemberian uang)  pada saat Pikada, sebab perilaku money politik merupakan cara-cara yang tidak baik dalam pertandingan pesta alek demokrasi lima tahunan ini, dengan perilaku money poitik sama artinya menghasilkan pemimpin yang korup dan didalam benaknya kedepan bagaimana cara untuk mengembalikan uang dari money politiknya tersebut,maka yang akan dirugikan di sini adalah masyarakat,” ulas Yohanes Wempi.

Sementara itu Ketua IMAPPAR Cabang  UNP Roni Ramadhan mengucapakan terimakasih banyak kepada Bagindo Yohanes Wempi yang telah memberikan wejangan-wejangan kepada mahasiswa IMAPPAR dalam hal apa peran dari mahasiswa dan apa yang harus dilakukan mahasiswa di tengah-tengah masyarakat.

“Dengan bertemunya kami bersama  kakanda Yohanes Wempi dalam hal membicarakan peran dari mahasiswa maka terbuka pola pikir kami tentang apa yang harus dilakukan  oleh seorang mahasiswa, Insya Allah kedepannya atas masukan-masukan tersebut kami akan berbuat untuk kebaikan kami dan kemajuan daerah,” tutup Roni Ramadhan  yang diamini beberapa orang pengurus IMAPPAR lainnya. [MUSLIM ALRASYID]

Leave a Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>